Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan pt. pegadaian (persero) cabang rasana’e kota bima

Erdin Hariyanto, Muhammad Yusuf

Abstract


Gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang akan berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan kerja Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan Pt.Pegadaian Cabang Rasana’e Kota Bima. Populasi yang di gunakan yaitu seluruh karyawan pada Pt.Pegadaian Cabang Rasana’e Kota Bima yang berjumlah 47 orang. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh yaitu tehnik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini karyawan Pt.Pegadaian Cabang Rasana’e Kota Bima dengan jumlah 47 orang instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesiner dengan skala likert. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan maka diperoleh nilai t hitung yaitu sebesar 5,325 > t table dalam persamaan dengan alpha (α)/2 yaitu sebesar 2,014 dan tingkat signifikan  (sig) > 0,05 yaitu 0,000 <  0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan terhadap Semangat Kerja karyawan pada Pt. Pegadaian Cabang Rasanae Kota Bima.


Keywords


Pegadaian; gaya kepemimpinan; semangat kerja

References


Handoko, Hani. 2001. Manajemen Personalia dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta:BPFE.

Martoyo, Susilo. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta:BPFE.

Jn Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Yogyakarta:STIE YKPN.

Gh Supardi dan Syaiful Anwar. 2002. Dasar-Dasar Prilaku Organisasi Yogyakarta:UII Press

Hfh Yulk, Gary. 2005. Kepemimpinan Dalam Organisasi Jakarta:Indeks.

Zainurossalamia, Z. A. S., Heksarini, A., & Sudarsono, S. (2018). The influence of eco-airport and mall-airport concepts and cultural display of East Borneo on visitors' satisfaction at Sultan Aji Muhammad Sulaiman Airport Balikpapan. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 2(74), 156-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v17i2.7440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AKUNTABEL

 

Indexing:

 

 

 

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan pISSN: 0216-7743  eISSN: 2528-1135  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stat