Pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan gopay di surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening

Reza Nurzanita, Novi Marlena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat terhadap keputusan penggunaan Gopay di Surabaya dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kausal. Teknik sampling penelitian ini adalah purposive sampling dengan menggunakan 177 responden pengguna Gopay di Surabaya. Sumber data menggunakan data primer berupa angket online dengan skala pengukuran likert. Alat analisis yang digunakan adalah IBM SPSS AMOS 26 dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini adalah persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan sebesar 0,333 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan sebesar 0,800 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,005, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan sebesar 0,592 dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan dengan kepercayaan sebagai variabel intervening dengan nilai p-value 0 <0,05 yang menunjukkan sebagai mediasi penuh.


Keywords


Persepsi manfaat; kepercayaan; keputusan penggunaan

References


Chandra, C. (2017). Peranan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Layanan, Motivasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Pengguna E-Money Di Indonesia).

Damghanian, H., Zarei, A., & Siahsarani Kojuri, M. A. (2016). Impact of Perceived Security on Trust, Perceived Risk, and Acceptance of Online Banking in Iran. Journal of Internet Commerce, 15(3), 214–238. https://doi.org/10.1080/15332861.2016.1191052

Devita, D. V. (2019). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? Retrieved from https://iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/

Ernawati, T. U. (2017). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking pada Bank Rakyat Indonesia di Surabaya. Retrieved from http://eprints.perbanas.ac.id/6093/1/ARTIKEL ILMIAH.pdf

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(2), 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406

Hapsara, R. F., & Noer, S. (2015). Pengruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada nasabah Bank BRI Kantor Cabang Solo Kartasura). 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Iqbal, M. K., Amer, S., Raza, A., Mushtaq, H., & Faraz, N. A. (2018). An Empirical Study on the Effect of Perceived Usefulness and Ease of Use on Purchase Intention Throught Mobile Device in Pakistan: A Mediating Role of Online Trust. Europe Journal of Business and Management, 10.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (1st ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed.). https://doi.org/10.4324/9780203357262

Luh, N., Widya, P., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2020). The Role of Trust Mediates the Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Online Repurchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(1-pp-374–381). Retrieved from www.ajhssr.com

Malholtra, Naresh, K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat). Jakarta: Indeks.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In 1 (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Pramanawati, F., Rahayu, S., & Astuti, T. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image dan Perceived Usefulness Terhadap Repurchase Decision Browser Mozilla Ferefox Dengan Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewfile/17534/16783

Saleh, Taufik, Suhari Santoso, Dedi Irianto, Wulan Agustina, Devin, Tri Riasari, A. N. P. (2019). Ekonomi Digital dan Kemajuan LKD Jawa Timur. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Retrieved from www.bi.go.id/idpublikasi/kajian-ekonomi-regional/jatim/

Saputri, W. R., Ep, A., & Hidayat, W. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Melalui Variabel Intervening Kepercayaan Merek ( Studi Kasus Pada JNE Cabang Semarang).

Simorangkir, E. (2017). Pengaruh Perceived Usefulnes, Trust, Self-Efficacy, Easy Of Use dan Securit Terhadap Keputusan Penggunaan Elektronic Payment (Survei pada Mahasiswa S1 UPN “Veteran” Yogyakarta).

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2012). Electronic Commerce 2012 AManagerial And Social Networks Perspective (S. Yagan, ed.). USA: Pearson Education.

Wahyunik, S. (2019). Data BI, 258 Ribu Warga Jember Bertransaksi Pakai Uang Elektronik, Terbanyak Kedua Setelah Surabaya. Retrieved from surabaya.tribunnews.com

Wibowo, M. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Tarif, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Produk E-Money (Studi Kaus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta). 1–10.

Widia. (2018). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan dan resiko terhadap keputusan menggunakan e-banking dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/7728/1 Widia 213-14-232 A

Zmijewska, A., Lawrence, E., & Steele, R. (2016). Towards understanding of factors influencing user acceptance of mobile payment systems. Proceedings of the IADIS International Conferences, (January), 270–277. https://doi.org/10.1089/cpb.2007.0244

Chandra, C. (2017). Peranan Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Layanan, Motivasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Pada Pengguna E-Money Di Indonesia).

Damghanian, H., Zarei, A., & Siahsarani Kojuri, M. A. (2016). Impact of Perceived Security on Trust, Perceived Risk, and Acceptance of Online Banking in Iran. Journal of Internet Commerce, 15(3), 214–238. https://doi.org/10.1080/15332861.2016.1191052

Devita, D. V. (2019). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? Retrieved from https://iprice.co.id/trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/

Ernawati, T. U. (2017). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Nasabah dalam Menggunakan Internet Banking pada Bank Rakyat Indonesia di Surabaya. Retrieved from http://eprints.perbanas.ac.id/6093/1/ARTIKEL ILMIAH.pdf

Faradila, R. S. N., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Minat Beli dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Toko Online berrybenka.com di Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 13(2), 149. https://doi.org/10.14710/jsmo.v13i2.13406

Hapsara, R. F., & Noer, S. (2015). Pengruh Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking (Studi pada nasabah Bank BRI Kantor Cabang Solo Kartasura). 151, 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Iqbal, M. K., Amer, S., Raza, A., Mushtaq, H., & Faraz, N. A. (2018). An Empirical Study on the Effect of Perceived Usefulness and Ease of Use on Purchase Intention Throught Mobile Device in Pakistan: A Mediating Role of Online Trust. Europe Journal of Business and Management, 10.

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (1st ed.). Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing Management (15th ed.). https://doi.org/10.4324/9780203357262

Luh, N., Widya, P., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2020). The Role of Trust Mediates the Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness on Online Repurchase Intention. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 4(1-pp-374–381). Retrieved from www.ajhssr.com

Malholtra, Naresh, K. (2017). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. In Pemasaran (keempat). Jakarta: Indeks.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. In 1 (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Pramanawati, F., Rahayu, S., & Astuti, T. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image dan Perceived Usefulness Terhadap Repurchase Decision Browser Mozilla Ferefox Dengan Brand Attitude Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Management, 6, 1–12. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewfile/17534/16783

Saleh, Taufik, Suhari Santoso, Dedi Irianto, Wulan Agustina, Devin, Tri Riasari, A. N. P. (2019). Ekonomi Digital dan Kemajuan LKD Jawa Timur. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur. Retrieved from www.bi.go.id/idpublikasi/kajian-ekonomi-regional/jatim/

Saputri, W. R., Ep, A., & Hidayat, W. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Melalui Variabel Intervening Kepercayaan Merek ( Studi Kasus Pada JNE Cabang Semarang).

Simorangkir, E. (2017). Pengaruh Perceived Usefulnes, Trust, Self-Efficacy, Easy Of Use dan Securit Terhadap Keputusan Penggunaan Elektronic Payment (Survei pada Mahasiswa S1 UPN “Veteran” Yogyakarta).

Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T. P., & Turban, D. C. (2012). Electronic Commerce 2012 AManagerial And Social Networks Perspective (S. Yagan, ed.). USA: Pearson Education.

Wahyunik, S. (2019). Data BI, 258 Ribu Warga Jember Bertransaksi Pakai Uang Elektronik, Terbanyak Kedua Setelah Surabaya. Retrieved from surabaya.tribunnews.com

Wibowo, M. A., & Suryoko, S. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Tarif, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menggunakan Produk E-Money (Studi Kaus Pada Pengguna Layanan Go-Pay Di Kota Jakarta). 1–10.

Widia. (2018). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, kemudahan dan resiko terhadap keputusan menggunakan e-banking dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/7728/1 Widia 213-14-232 A

Zmijewska, A., Lawrence, E., & Steele, R. (2016). Towards understanding of factors influencing user acceptance of mobile payment systems. Proceedings of the IADIS International Conferences, (January), 270–277. https://doi.org/10.1089/cpb.2007.0244




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v17i2.7390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AKUNTABEL

 

Indexing:

 

 

 

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan pISSN: 0216-7743  eISSN: 2528-1135  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stat