Evaluasi tingkat kepuasan masyarakat pengguna maskapai penerbangan kelas ekonomi sebelum dan setelah kebijakan kenaikan tarif tiket

Firda Zahrani Hidayat, Palupi Lindiasari Samputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan masyarakat pengguna maskapai penerbangan kelas ekonomi sebelum dan setelah kebijakan kenaikan tarif  tiket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan  tipe penelitian survei. Tempat penelitian di Indonesia, dengan subjek penelitian yaitu masyarakat yang menggunakan jasa maskapai penerbangan kelas ekonomi dan aktif di media sosial, dengan instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form, disebarkan melalui sosial media instagram dan twitter. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih dengan teknik Quota-sampling. Metode Analisis data menggunakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya kebijakan tarif tiket, kualitas pelayanan maskapai penerbangan termasuk dalam kategori kurang baik dengan nilai rata-rata SKM Tertimbang yaitu 2,72 (C). Setelah adanya kebijakan tarif tiket, kualitas pelayanan maskapai penerbangan termasuk dalam kategori tidak baik dengan nilai rata-rata SKM Tertimbang menurun, yaitu 2,59 (D). Unsur Biaya/ Tarif menjadi unsur nilai kepuasan terendah dengan kategori tidak baik (D) saat sebelum dan sesudah kebijakan tarif tiket. Sedangkan pada kategori baik (B) yaitu unsur kompetensi pelaksana, dapat dijadikan rekomendasi kebijakan dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat. Saran penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang telah disediakan dan disesuaikan dengan tarif tiket yang diberikan. Kesesuaian ini penting karena karakteristik pelanggan kelas ekonomi tergolong sangat responsif terhadap perubahan tarif tiket.


Keywords


Kelas ekonomi; kepuasan masyarakat; maskapai penerbangan; pelayanan; tarif tiket

References


Amin, Andhi Pahlevi. (2013). Analisis Pengaruh Tarif Penerbangan, Jumlah Penerbangan dan Pendapatan Perkapita Dalam Meningkatkan Jumlah Penumpang. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 22 No. (1) Juli 2013

Azmarani, Adinda Wahyu. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier(Studi Deskriptif Di PT. Citilink Indonesia Cabang Surabaya). Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 4, Nomor (3), September -Desember 2016

Data Investigasi Kecelakaan Penerbangan Tahun 2010 –2016. http://knkt.dephub.go.id/knkt/ntsc_home/Media_Release/Media%20Release%20KNKT%202016/Media%20Release%202016%20-%20IK%20Penerbangan%2020161130.pdf (diakses pada tanggal 15 April 2019)

Ekonomibisnis.com. (2019). Tarif Batas Bawah Disesuaikan, Ini Dampaknya Terhadap Harga Tiket Pesawat. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190401/98/906866/tarif-batas-bawah-disesuaikan-ini-dampaknya-terhadap-harga-tiket-pesawat (diakses pada 06 April 2019)

Fahmida, Dianti Shobri. (2017). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Bus Rapid Transit (Brt) Trans Semarang Koridor I, II III, Dan Iv Di Kota Semarang

ICAO. Low Cost Carriers (LCCs). https://www.icao.int/sustainability/pages/low-cost-carriers.aspx (diakses pada 15 April 2019)

Merdeka.com. (2019). Menhub Budi Sebut Kenaikan Tarif Tiket Pesawat Efek Perang Harga https://www.merdeka.com/uang/menhub-budi-sebut-kenaikan-tarif-tiket-pesawat-efek-perang-harga.html (diakses pada 06 April 2019)

Mandoko, Arman. (2015). Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Layanan Maskapai Penerbangan PT. Lion Air Rute Mamuju – Jakarta. Warta Ardhia Jurnal Perhubungan Udara

Olanda, Oce. (2014). Pengaruh Fasilitas Pelayanan Penerbangan Terhadap Kepuasan Penumpang Pembawa Infant Pada Maskapai Garuda Indonesia Rute Jakarta-Singapura. Jurnal Ground Handling Dirgantara Vol.1, No. (2), Desember 2014

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan https://www.unm.ac.id/files/surat/permenpan2014_015.pdf (diakses pada 07 April 2019)

Sadiqin, M. Hanis & Saraswati, Trisha Gilang. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Lion Air (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom). e-Proceeding of Management : Vol.5, No.(3) Dsember 2018

Santoso, Slamet Puji, Rosidah, Hanik & Prasetyo, Angela Febriana. (2017). Indeks Kepuasan Masyarakat Pelayanan Perpustakaan Umum Kota Magelang. Jurnal Mahasiswa Administrasi Negara (JMAN), Vol. 1, No. (1), Oktober 2017

Sukamti, Sri. (2015).Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga. Among Makarti Vol.8 No.(15), Juli 2015

Sukesi. (2017). Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (Kppt) Kota Mojokerto. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 1, Nomor (2), Hal. 124-137

Setiani, Baiq. (2013). Prinsip-Prinsip Pokok Pengelolaan Jasa Transportasi Udara.Volume 3 Nomor (2) September - Desember 2015

Syihab, Achmad Hinada Milatus. (2018). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Ktp-el Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban

Taufiqurakhman. (2014). Kebijakan Publik Pendelegasian Tanggung Jawab Negara Kepada Presiden Selaku Penyelenggara Pemerintahan https://moestopo.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/Kebijakan-Publik-Oleh-Dr.-Taufiqurokhman.-M.Si_.pdf (diakses pada 09 April 2019)

Tjiptono Darmadji. (2006). 60 Cara Cerdas Mengembangkan Perusahan, Jakarta: Elex Media Komputindo

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/undang-undang-nomor-25-tahun-2009-tentang-pelayanan-publik.pdf (diakses pada 07 April 2019)

Wartaekonomi.co.id. (2019). Kemenhub Tetapkan Tarif Batas Bawah Tiket Pesawat dari 35 Persen Dari Batas Atas. https://www.wartaekonomi.co.id/read221610/kemenhub-tetapkan-tarif-batas-bawah-tiket-pesawat-35-dari-batas-atas.html (diakses pada 06 April 2019)

Zainudin, Arif.(2017). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal. Jurnal Ilmu Pemerintahan : Kajian Ilmu Pemerintahan dan Politik Daerah




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i1.7332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Firda Zahrani Hidayat, Palupi Lindiasari Samputra


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan