Pengaruh struktur modal, perputaran piutang dan devidend payout ratio terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia

Edward Sidabutar, Siti Masyithoh, Yoremia Lestasi Ginting

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, perputaran piutang dan devidend payout ratio terhadap harga saham pada perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Harga saham perusahaan industri makanan dan minuman di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor-faktor keuangan yang dapat diukur menggunakan rasio keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah variabel-variabel seperti struktur modal, perputaran piutang dan devidend payout ratio memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Total sampel sebanyak 7 perusahaan dengan periode observasi (2010-2016). Data dikumpulkan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa devidend payout ratio berpengaruh terhadap harga saham perusahaan, hal ini berarti bahwa devidend payout ratio memiliki peran dalam meningkatkan harga saham. Sedangkan struktur modal dan perputaran piutang tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan, hal ini berarti bahwa struktur modal dan perputaran piutang bukanlah merupakan hal utama yang perlu diperhatikan dan dijadikan tolak ukur yang baik oleh manajemen dalam membuat keputusan untuk menentukan besarnya harga saham.


Keywords


Struktur modal; perputaran piutang; devidend payout ratio; harga saham

References


Anggrawit, Kusumawardani. 2009. Analisis Pengaruh EPS, PER, ROE, FL, DER, CR, ROA pada Harga Saham dan dampaknya terhadap Kinerja Perusahaan LQ45 yang terdaftar di BEI periode 2005-2009 Skripsi Akuntansi. Universitas Gunadama.Mahmudi.

Ardi Nugroho, Listyawan. 2011. Pengaruh Modal Usaha. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arfinrolianto. 2013. Teori Akuntansi Positif dan Akuntansi Normatif. Penerbit akuntansiumy.

Alim, Fathul. 2009. Pengaruh perputaran piutang dan persediaan terhadap harga saham pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia Skripsi Akuntansi. Universitas Sumatera Utara.

Arfan, Muhamad. 2013. Pengaruh Dividend Payout Ratio dan Struktur Modal terhadap Harga Saham syariah Skripsi Akuntansi. Universitas Syiah Kuala.

Bambang, Sugeng. 2009. Pengaruh struktur Kepemilikan dan Struktur Modal terhadap Kebijakan Inisiasi Dividen di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Tahun 14 Nomor 1, 37-48. 2011. Perpajakan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Edi, Subiyantoro dan Fransisca Andreani. 2003. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 171-180.

Fahmi, Irham. 2015. Manajemen Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Fiebriyanti. 2013. Pengaruh dividend payout ratio, struktur modal dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia Skripsi Akuntansi. Universitas Udayana.

Firdaus, Ahmad. 2013. Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Profitabilitas dan Rasio Pasar terhadap Harga Saham Skripsi Akuntansi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fungki, dwi susanti. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham pada perusahaan Telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ilmu dan riset manajamen vol. 2 no. 4.

Gunardi, Ardi. 2010. Perubahan Kinerja Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Volume 3 No. 1.

Hanafi, Mamduh H dan A. Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan, edisi 4.Yogyakarta : Penerbit UPP STIM YKPN.

Harjito, D. A. dan Martono. 2013. Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. EKONISIA, Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta.

IAI. 2015. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Jogiyanto. 2014. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Delapan. Yogyakarta: BPFE-UGM.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Kesuma, Ali. 2009. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go Public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 11 No. 1

Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T. D 2011. Intermediate Accounting Volume 1 IFRS Edition. United States of America : Wiley.

Langi, Ravensca Fristangree. 2015. Pengaruh Perputaran Piutang dan Persediaan terhadap Profitabilitas Skripsi Akuntansi. Universitas Mulawarman.

Mutia, Evi. dan Arfan 2013. Pengaruh Dividend Payout Ratio dan Struktur Modal terhadap Harga Saham syariah Skripsi Akuntansi. Universitas Syiah Kuala.

Peraturan Perundang-Undangan Indonesia. Undang-Undang Tentang Pasar Modal. UU Nomor 8 Tahun 1995.

Reeve M James, Carl S. Warren, Jonathan E. Duchac, Ersa Tri Wahyuni, Gatot Soepriyanto, Amir Abadi Jusuf, Chaerul D. Djakman. 2013. Pengantar Akuntansi-Adopsi Indonesia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Riyanto, B. 2011. Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Sari Artika Weni. 2011. Analisis Hubungan Antara Laba Bersih dan Arus Kas Operasi dengan Dividen Kas pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Skripsi Akuntansi. Universitas Sumatera Utara.

Sartono, R. Agus. 2011. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi (Edisi 2) . Yogyakarta: BPFE.

Setiyawan, Indra dan Pardiman. 2014. Pengaruh Current Ratio, Inventory Turnover, Time Interest Earned dan Return On Equity terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Periode 2009-2012. Jurnal Nominal. Vol. III. No. 1

Suwardjono. 2010. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi

Ketiga. BPFE. Yogyakarta.

Suliyanto, 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.

Sunariyah. 2011. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Wicaksono & M Nasir. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2011-2013. Semarang: Diponegoro Journal of Accounting Vol 3, No.4

Widoatmodjo, Sawidji. 2012. Cara Cepat Memulai Investasi Saham Panduan Bagi Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.29264/jakt.v16i2.6120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 AKUNTABEL

 

 

 

 Indexing:

 

 

 

 

Creative Commons License

AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan pISSN: 0216-7743  eISSN: 2528-1135  Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 Web
Analytics View My Stats