Audit operasional atas fungsi sumber daya manusia pada yayasan pendidikan islam pondok pesantren shuffah hizbullah samarinda

Ige Mawarni, Cornelius Rantelangi, Ledy Setiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas perencanaan sumber daya manusia; (2) mengetahui efektivitas rekrutmen sumber daya manusia; (3) mengetahui efektivitas seleksi sumber daya manusia; (4) mengetahui efektivitas pelatihan dan pengembangan keterampilan sumber daya manusia; (5) mengetahui efektivitas penilaian kinerja sumber daya manusia; (6) mengetahui efektivitas kompensasi dan balas jasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian adalah Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah. Objek penelitian adalah fungsi sumber daya manusia di yayasan tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan analisis kualitatif dengan berpatokan pada prosedur pelaksanaan audit operasional atas fungsi sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perencanaan sumber daya manusia pada Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Samarinda efektif; (2) rekrutmen sumber daya manusia pada Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Samarinda belum efektif, (3) seleksi sumber daya manusia pada Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Samarinda belum efektif, (4) Pelatihan dan pegembangan ketrampila SDM telah berjalan efektif; (5) Penilaian kinerja SDM belum efektif; (6) Pemberian kompensasi dan balas jasa telah berjalan efektif.


Keywords


Audit; operasional; fungsi; sumber daya manusia

References


Agoes, Sukrisno. 2008. Auditing Petunjuk Praktik Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Edisi Empat. Salemba Empat. Jakarta.

Aninditia, Rosiana Oktaviani. 2015. Audit Operasional atas Fungsi Sumber Daya Manusia pada PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Cabang Jakarta Barat. Skripsi Universitas Bina Nusantara. Jakarta.

Anonim. 2011. Audit Sumber Daya Manusia (SDM), https://www.google.co.id/amp/s/learnourworld.wordpress.com/201108/24/audit-sumber-daya-manusia-sdm/amp/, diakses tanggal 06 Juli 2018.

Arens, A.A., Elder, R.J. & Beasly, M.S. 2008. Auditing dan Jasa Assurance Pendekatan Terintegrasi, Edisi keduabelas. Terjemahan Gina Gania. Erlangga. Jakarta.

Bhayangkara, IBK. 2008. Audit Manajemen Prosedur dan Implementasi, Salemba Empat. Jakarta.

Biandiputri, Bionita. 2013. Audit Manajemen atas Fungsi Sumber Daya Manusia pada Perusahaan Distributor dan Percetakan Buku Pustaka Baru. Skripsi UNY. Yogyakarta

Hasibuan, Melayu S.P., 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Inayati, Ifana. 2011. Audit Operasional atas Fungsi Sumber Daya Manusia di Hotel Brongto Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.

Jusup, Haryono. 2014. Auditing, Edisi kedua. STIE YKPN. Yogyakarta.

Mangkunegaran, Anwar Prabu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mulyadi. 2014. Auditing, Edisi keenam. Salemba Empat. Jakarta.

Nawawi, Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Jauvani. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Edisi Kedua. Raja Grafindo. Jakarta.

Romi, Ahmad Dzati. 2013. Audit Operasional pada Fungsi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus pada RSUD Kraton Kabupaten Pekalongan). Skripsi. UNY. Yogyakarta.

Simamora, Henry. 2012. Manajemen Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. Gramedia. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tunggal, Widjaja Amin. 2008. Audit Manajemen Kontemporer. Harvarindo. Jakarta.

Umar, Bukhari. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

UU No. 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v16i2.6119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ige Mawarni, Cornelius Rantelangi, Ledy Setiawati


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan