Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah

Ayub Pradipta Hadi, Negina Kencono Putri, Agus Faturokhman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada Usaha Kecil dan Menengah. Faktor-faktor yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia, skala usaha, umur usaha dan pelatihan akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan  purposive sampling dengan menetapkan 2 kriteria. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Teknik pengumpulan data dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan informasi akuntansi pada UKM secara bersama-sama dipengaruhi oleh sumber daya manusia, skala usaha, umur usaha dan pelatihan akuntansi kemudian dantara variabel tersebut. sumber daya manusia menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap penggunaan informasi akuntansi kemudian variabel pelatihan akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi, sedangkan untuk variabel umur usaha secara mandiri berpengaruh negatif terhadap penggunaan informasi akuntansi dan variabel skala usaha berpangaruh positif namun tidak signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi.


Keywords


usaha kecil dan menengah; sumber daya manusia; skala usaha; umur usaha; pelatihan akuntansi; penggunaan informasi akuntansi

References


Ardiana, L. D., Brahmayanti, L. A., & Subaedi. (2010). Kompetensi SDM UKM dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UKM di Surabaya. Jurnal Management Dan Kewirausahaan. VOL.12, NO. 1, 42-55.

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. (2018). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, Menengah,dan Besar di Jawa Tengah. Diakses 28 Maret 2018, dari https://jateng.bps.go.id/.

Badan Pusat Statistik Purbalingga. (2018). Jumlah Industri Menengah di Purbalingga.Diakses 28 Maret 2018, dari https://purbalinggakab.bps.go.id/

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta: Erwin Rijanto. Diakses dari https://www.bi.go.id/id/Default.aspx.

Ediraras, D. T. (2010). Akuntansi dan Kinerja UKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Volume 15, No 2., 152-158.

Ghozali, I. (2011). Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Holmes, S., & Nicholls, D. (1988). An Analysis of the use of accounting information by australian small business. Journa l of Small Business Management , Vol.26, No.20, 57-68.

Holmes, S., & Nicholls, D. (1989). Modeling The Accounting Information Requirements of Small Business. Accounting and Business Research , Vol.19, No. 74, 60-76.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI. (2016). Laporan Tahunan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Tahun 2016. Jakarta: Puspayoga. Diakses dari http://www.depkop.go.id/

Lestanti, D. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM di Boyolali. Jurnal Pendidikan Akuntansi , 1-15.

Norkamsiah, Agus Iwan Kesuma dan Agus Setiawaty. (2016). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) pada Penyusunan Laporan Keuangan. Akuntabel: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Volume 13 No. 2, 151-163.

Putri, Negina Kencono, Atiek Sri Purwati dan Irianing Suparlinah. (2015). The Effect of SAK ETAP Implementation to the Use of Accounting Information at SME’s in Banyumas Region, Central Java, Indonesia. Acta Universitatis Danubius Economica, Volume 11, No. 6, 117-124.

Scott, H., & Nicholls, D. (1989). Modelling The Accounting Information Requirement Of Small Business. Accounting and Business Research , Vol. 19, No. 74, 143-150.

Sitoresmi, L. D. (2013). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah . Diponegoro Journal of Accounting , 1-13.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori & Aplikasi dengan SPSS (pp.53). Yogyakarta: Andi Offset.

Tambunan, T. T. (2002). Usaha Kecil Dan Menengah Di Indonesia: Beberapa Isu Penting (1s Ed.).Jakarta: Salemba Empat.

Whetyningtyas, A. (2016). Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah. Media Ekonomi dan Manajemen , Vol. 31 No. 2, 88-96.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v16i2.5501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ayub Pradipta Hadi, Negina Kencono Putri, Agus Faturokhman


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan