Analisis pengendalian internal atas persediaan barang dagang pada pt. pancar warna indah abadi samarinda

Fitri Wulandari, Set Asmapane, Anisa Kusumawardani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gambaran tentang sistem pengendalian internal atas persediaan barang dagang yang diterapkan pada PT. Pancar Warna Indah Abadi Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif komparatif. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan kuesioner, dengan menggunakan alat analisis flow chart, internal control questionnaires dan compliance test atas unsur-unsur pengendalian internal yang terdiri dari: 1) struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas, 2) sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, 3) praktik yang sehat, dan 4) karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Dari hasil penelitian, sistem pengendalian internal dalam prosedur pengelolaan persediaan barang dagang yang diterapkan oleh PT. Pancar Warna Indah Abadi sudah memadai. Namun masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan unsur-unsur pengendalian internal menurut teori dimana terdapat beberapa perangkapan tugas dalam menjalankan organisasinya dan beberapa dokumen tidak diotorisasi dengan pihak yang semestinya serta belum adanya pedoman baku secara tertulis. 


Keywords


sistem pengendalin intern; persediaan barang; pengelolaan barang

References


Adisaputro, Gunawan dan Yunita Anggarini. 2007. Anggaran Bisnis Analisa, Perencanaan, dan Pengendalian Laba, Penerbit UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Agoes, Sukrisno. 2012. Auditing: Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan oleh Akuntan Publik, Edisi Keempat, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Arens, Alvin. A James L. Loebbecke. 2011. Auditing Pendekatan Terpadu. Amir Abadi Yusuf (terjemahan), Buku 2, Edisi Indonesia, Salemba Empat, Jakarta.

Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Operasional, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Gondodiyoto, Sanyoto. 2007. Audit Sistem Informasi + Pendekatan CobIT, Edisi Revisi, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Hamizar dan Muhammad Nuh. 2009. Intermediate Accounting, CV Fajar, Jakarta.

Harjanto, Eddy. 2008. Manajemen Operasi, Edisi ke-3, Grasindo, Jakarta.

Hery. 2014. Pengendalian Akuntansi dan Manajemen, Edisi Pertama, Cetakan ke satu, Kencana, Jakarta.

Institusi Akuntan Publik Indonesia. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik, Per 1 Maret 2011, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kartikahadi, Hans, Rosita Uli Sinaga, Merliyana Syamsul, Sylvia Veronica Siregar. 2012. Akuntansi Keuangan Berdasarkan SAK berbasis IFRS, Salemba Empat, Jakarta.

Kieso, Donald E., Jerry J. Weygandt dan Terry D. Warfield. 2008. Akuntansi Intermediate, Edisi Keduabelas, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kumaat, Valery G. 2011. Internal Audit, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kusuma, Nindy Inggar. 2015. Analisis Sistem Pengendalian Internal Persediaan pada Toko Pertani Boyolali. Universitas Dian Nuswantoro Fakultas Ekonomi dan Bisnis Semarang.

Martani, Dwi, Veronica Sylvia NPS, Ratna Wardhani, Aria Farahmita dan Edward Tanujaya. 2012. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Mulyadi. 2014. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Kelima, Salemba Empat, Jakarta.

Prihatiningsih, Oktaviani dan Lili Syafitri. 2013. Pengujian Pengendalian Persediaan Barang Dagang di CV. Kamdatu Palembang. Jurusan Akuntansi S1, STIE MDP, Palembang.

Rangkuti, Freddy. 2007. Manajemen Persediaan, Rajawali Pers, Jakarta.

Reeve, James M., Carl S. Warren, Jonathan E. Duchac, Ersa Tri Wahyuni, Gatot Soepriyanto, Amir Abadi Jusuf dan Chaerul D. Djakman. 2009. Pengantar Akuntansi – Adaptasi Indonesia, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta.

Rista. 2017. Analisis Pengendallian Persediaan pada CV. Sinar Utama Pusat di Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Samarinda.

Rudianto. 2012. Pengantar Akuntansi: Konsep dan Teknik Penyusunan Laporan Keuangan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Sistem Akuntansi, Cetakan Pertama, Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta.

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi: Struktur Pengendalian Resiko Pengembangan, Cetakan Pertama, Penerbit Linggar Jaya, Bandung.

Utami, Christina Widya. 2008. Manajemen Barang Dagangan dalam Bisnis Ritel, Cetakan Pertama, Bayumedia Publishing, Malang.

Yanto, Sony Hendra Vidi. 2014. Pemeriksaan Intern Persediaan Pada PT Saga Trade Murni di Samarinda. Skripsi. Universitas Mulawarman Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v15i2.4642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fitri Wulandari, Set Asmapane, Anisa Kusumawardani


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan