Analisis target dan realisasi pajak daerah

Surya Rahayuanti, Lewi Malisan, Anisa Kusumawardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui target pencapaian penerimaan pajak daerah dan persentase realisasi penerimaan pajak daerah di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur tahun 2009-2016, terdiri dari pajak kendaraan bermotor, perubahan pajak kendaraan bermotor, bahan bakar kendaraan bermotor pajak, pajak air permukaan, dan pajak rokok. Jika realisasi penerimaan pajak daerah diharapkan pencapaian target, maka Badan Pangan Provinsi Kalimantan Timur dinilai memiliki efektif dan efisien dalam hal pemungutan pajak di Provinsi Kalimantan Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis komparatif deskriptif, yaitu dilakukan dengan membandingkan target dan realisasi laporan pendapatan dalam beberapa periode dengan menunjukkan perbedaan kenaikan atau penurunan serta persentase penerimaan pajak daerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realisasi penerimaan pajak daerah di Badan Pendapatan Daerah Propinsi Kalimantan Timur meningkat pada tahun 2009-2014, dan menurun pada tahun 2015-2016 dengan tingkat pencapaian sebesar 109%. Sedangkan persentase realisasi dari masing-masing jenis penerimaan pajak daerah adalah: pajak kendaraan bermotor sebesar 105%; perubahan pajak kendaraan bermotor 104%; pajak bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 110%; pajak air permukaan 105%; dan pajak rokok sebesar 96%. Dari keseluruhannya dapat disimpulkan bahwa penurunan realisasi penerimaan pajak daerah adalah karena kurangnya kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak. Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur harus mengoptimalkan sosialisasi dan penyuluhan tentang pentingnya membayar pajak, terutama pajak daerah.


Keywords


Pajak daerah; target; realisasi

References


Latifah, Husna. 2016. Analisis Target dan Realisasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pada Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Timur Samarinda. Tugas Akhir. Universitas Mulawarman, Samarinda.

Mardiasmo. 2011. Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Mariastuti, Dwi Yulianti. 2012. Pengaruh Ektensifikasi dan Intensifikasi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pada Dinas Pendapatan Kota Bandung. Skripsi. Universitas Widyatama, Bandung.

Mayasari, Dian. 2009. Kontribusi Penerimaan Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Analisis Terhadap Kabupaten dan Kota di Jawa Timur). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 2011. Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur No. 01 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah. Lembaran Daerah Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011, No. 01. Sekretariat Daerah, Samarinda.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 2004. Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 2004, No. 125. Sekretariat Negara, Jakarta.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. 2009. Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Lembaran Negara RI Tahun 2009, No. 130. Sekretariat Negara, Jakarta.

Resmi, Siti. 2013. Perpajakan: Teori dan Kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Siahaan, Marihot Pahala. 2010. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Siahaan, Marihot Pahala. 2013. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v15i1.2514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Surya Rahayuanti, Lewi Malisan, Anisa Kusumawardani


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan