Analisis tingkat kesehatan keuangan dengan menggunakan metode rgec (risk profile, good corporate governance, earning dan capital)

Muhammad Virgiawan Ridho Suryana, Siti Masyithoh, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan pada PT. Bank CIMB Niaga Tbk Periode 2013 hingga 2015 dengan menggunakan metode RGEC. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data sekunder dari PT. Bank CIMB Niaga Tbk dalam bentuk laporan keuangan dan laporan tahunan. Variabel-variabel pengukuran dalam penelitian ini adalah Profil Risiko dengan Non Performing Loan, Risiko Suku Bunga, Loan to Deposit Ratio dan Cash Ratio, faktor Good Corporate Governance diukur melalui Self Assessment kemudian Earning dengan Return On Asset, Return On Equity, Net Interest Margin ratio dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional dan Modal dengan Rasio Kecukupan Modal. Hasil penelitian menggunakan metode RGEC di PT. Bank CIMB Niaga Tbk pada periode 2013 menerima peringkat komposit 2 dengan predikat sehat. Pada periode 2014 dan 2015 mendapatkan peringkat 3 dengan predikat cukup sehat. Ini menandakan kondisi PT Bank CIMB Niaga Tbk masih dalam kondisi baik meskipun ada beberapa kelemahan dalam beberapa rasio


Keywords


Kesehatan Bank; rgec; profil risiko; tata kelola perusahaan yang baik; penghasilan; modal

References


Kasmir. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Cetakan 13. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Lasta, Heidy Arrvida. Zainul Arifin dan Nila Firdausi Nuzula. 2014. Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Pendekatan RGEC (Risk Profile, Good Corporate Govermance, Earning, Capital). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). No. 2 (13).

Pramana, Komang Mahendra dan Artini sri Gede Luh. 2016. Analisis Tingkat Kesehatan Bank (Pendekatan RGEC) Pada PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. E Jurnal Manajemen Unud. Vol 5.No 6 . 3849-3878.

Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/24/DPNP/2011. Tentang Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum.

Surat Edaran Bank Indonesia No. 15/15/DPNP. Perihal Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum.

Website Bank CIMB www.cimbniaga.com. Diakses 17 November 2016.

Website Bank Indonesia www.BI.go.id Diakses 1 Februari 2017.

Website Bursa Efek Indonesia www.IDX.co.id Diakses 20 Desember 2016.

Yessi, Ni Putu Noviantini. dkk. 2015. Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Pendekatan RGEC (Risk Profil, Good Corporate, Govermance, Earnings , Capital ) Pada PT Bank Sinar Harapan Bali Periode 2010-2012. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol 1 No.1




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v15i1.2052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Muhammad Virgiawan Ridho Suryana, Siti Masyithoh, Ferry Diyanti


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan