Pengaruh Dividend Payout Ratio, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Perataan Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia Listing di Bursa Efek Indonesia)

Ibnu Abni Lahaya

Abstract


The purpose of this research is to analyze and test the influence; The effect of dividend payout ratio on income smoothing action, financial risk to profit smoothing action, company value to earnings smoothing action, and firm size to earnings smoothing action. This research was conducted at manufacturing company of basic and chemical industry sector which listed in Bursa Efek Indonesia in period 2013-2015 by using purposive sampling. Simultaneously Dividend Payout Ratio, Company Risk, Company Value, and Company Size have significant effect to income smoothing action, with F significance value equal to 0,015 (<0,05) and R2 coefficient of determination equal to 34,7% or in other words equal to 65 , 3% influenced by other variables not described in this study.

Keywords: Dividend Payout Ratio, Purpose Sampling, Flattening Earnings.


Full Text:

PDF

References


Aji, Dhamar Yudho dan Aria Farah Mita. 2010. Pengaruh Profitabilitas, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktik Perataan Laba: Studi Empiris Perusahaan Manufaktu yang Terdaftar di BEI. Prosiding. SNA XIII Purwokerto.

Arfan, Muhammad dan Desry Wahyuni. 2010. Pengaruh Firm Size, Winner/Loser Stock, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Perataan Laba (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol. 3 (1).

Arif, M. F. 2014. Analisis Pengaruh Nilai Perusahaan, Kebijakan Dividen, Reputasi Auditor dan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba. Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Atarwaman, Rita. J.D. 2011. Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Praktik Perataan Laba yang Dilakukan Oleh Perusahaan Manufaktur Pada Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Advantage Vol. 2 (2).

Belkaoui, Ahmed Riahi. 2007. Teori Akuntansi. Edisi Kelima. Salemba Empat Jakarta.

Bestivano, Wildham. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan di BEI ). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empat. Jakarta

Budiasih, I. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba. Jurnal Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Bali

Cecilia. 2012. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Operasi Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol. 1 (4)

Christiana, L. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi Vol 1 (4)

Dewi, Ratih Kartika. 2011. Analisa Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Praktik Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Manufaktur dan Keuangan yang Terdaftar Di BEI (2006-2009). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Gassen, Joachim, Rolf Uwe Fuelbier dan Thorsten Shellhorn. 2006. International Differences in Conditional Conservatism: The Role of Unconditional Conservatism and Income Smoothing. European Accounting Review Vol.15 (4).

Ghozali, Imam dan Anis Chariri. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hanafi, Mamduh M. dan Abdul Halim. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Edisi ke- 4. Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.

Herni., dan Y. K. Susanto. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Publik, Praktik Pengelolaan Perusahaan, Jenis Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Risiko Keuangan Terhadap Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Listing Di BEJ), Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol. 23 (3).

Juniarti., Carolina. 2005. Analisa Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan-Perusahaan Go Public. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.7 (2).

Kustono, A. S. 2009. Pengaruh Ukuran, Dividend Payout, Risiko Spesifik, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Studi Empiris Bursa Efek Jakarta 2002–2006. Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.14 (3).

Noviana, Sindi Retno dan Etna Nur Afri Yuyetta. 2011. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Praktik Perataan Laba. Jurnal Akuntansi dan Auditing Vol. 8, No. 1.

Prastowo, Dwi dan Rifka Juliaty. 2008. Analisis Laporan Keuangan-Konsep dan Aplikasi. Cetakan Kedua. AMP YKPN. Yogyakarta

Septiani, Tri Ayu. 2015. Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Risiko Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Nilai Perusahaan Terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012. Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sulistyawati. 2013. Pengaruh Nilai Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Reputasi Auditor terhadap Perataan Laba. Accounting Analysis Journal. Vol. 3 (1).

Suranta, Eddy., dan Pratama Puspita Merdistuti. 2004. Income Smoothing, Tobin’s Q, Agency Problems dan Kinerja Perusahaan. Prosiding. SNA VII Denpasar, Bali.

Suwito, E., dan A. Herawaty. 2005. Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Tindakan Perataan Laba Yang Dilakukan Oleh Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Prosiding. SNA VIII Solo.

Widana, I Nyoman Ari N dan Gerianta Wirawan Yasa. 2013. Perataan Laba Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya di Bursa Efek Indonesia. e-Jurnal Akuntansi Vol 3 (2)




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v14i1.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ibnu Abni Lahaya


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan